Tips Membeli Komputer Desktop atau PC



Mencari sebuah komputer desktop tidak sepenuhnya mudah, terutama jika Anda membutuhkan spesifikasi khusus. Pembelian dengan biaya yang tidak murah akan menjamin Anda membawa pulang komputer desktop yang tepat untuk penggunaan di rumah ataupun kebutuhan bisnis Anda. 

Pertimbangkan kemampuan burning disk pada setiap komputer desktop yang Anda cari. Pertimbangkan juga apakah Anda berencana hanya untuk menonton media ataukah membuat CD atau DVD. Jika Anda berencana untuk membuat CD atau DVD, pastikan bahwa komputer yang Anda inginkan mempunyai fitur burning karena tidak semua komputer desktop memiliki fitur tersebut.

Periksa kemampuan suara komputer desktop yang ingin Anda beli. Ini penting terutama jika Anda menggarap proyek atau bekerja menggunakan komputer yang mengandalkan kualitas suara. Banyak dari sound card standard berfungsi dengan baik untuk komputer desktop, tapi ada juga yang tidak. Jika Anda melakukan editing atau mixing suara, Anda mungkin membutuhkan sound card yang lebih bagus.

Pilihlah komponen dengan hati-hati ketika Anda mengunjungi perakitan komputer desktop. Beberapa prosessor hanya bisa berfungsi dengan motherboard tertentu dan beberapa merek RAM tidak bisa berfungsi dengan motherboards tertentu. Ketika Anda membeli beberapa unit hardware, pastikan hardware yang Anda beli mendukung kompabilitas dengan hardware Anda yang lainnya. Anda dapat menghemat uang dan waktu Anda jika Anda bisa memastikan kompabilitas hardware yang Anda beli. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir kesalahan pembelian.

Pertimbangkan apa jenis media yang Anda butuhkan. Apakah Anda membutuhkan pemutar Blu-Ray? Ataukah pemutar DVD? Atau mungkin Anda lebih sering menonton streaming dan tidak membutuhkan perangkat optik tertentu? Hal itu dapat menjadi faktor apa saja yang Anda butuhkan untuk mendukung kelengkapan fitur komputer desktop Anda dengan harga yang bervariasi tentunya.

Kesempatan terbaik untuk membeli komputer desktop baru adalah ketika musim masuk sekolah/bekerja atau sebelum Hari Raya. Waktu-waktu tersebut adalah saat-saat dimana perusahaan komputer menawarkan diskon yang tinggi untuk komputer yang mereka jual. Perusahaan komputer juga mungkin akan menawarkan bundel dari desktop dan printer yang dapat menghemat biaya pengeluaran Anda.

Salah satu keuntungan dari pembelian komputer desktop daripada laptop adalah pilihan hardware yang lebih banyak. Jika Anda membeli laptop, mungkin hanya terbatas pada layar, keyboard dan trackpad yang dibangun ke dalam mesin. Jika Anda membeli komputer desktop, Anda bisa memilih sistem dan peripheral yang Anda butuhkan.

Itulah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan ketika membeli komputer desktop. Abaikan beberapa pertimbangan di atas, dan Anda mungkin berakhir dengan komputer yang tidak memenuhi kebutuhan Anda. Ikuti tips di atas dan dapatkan komputer sempurna yang Anda inginkan.


EmoticonEmoticon