Tips Mengisi Survey Online Berbayar

Siapapun pasti kesal jika ketika mengerjakan survey langsung didiskualifikasi atau dikeluarkan dari survey dengan alasan profil tidak sesuai. Dan lebih buruk lagi mereka tidak pernah memberitahu mengapa Anda langsung dikeluarkan begitu saja. Ada juga kondisi dimana lembaga survey juga menilai pengisian angket online berdasarkan konsistensi di setiap alur pertanyaan survey. Misalnya di halaman 1 ditanyakan "Apakah Anda memiliki anak berusia dibawah 18 tahun?" lalu di halaman ke 2 ada pertanyaan yang berkaitan dengan pertanyaan di halaman 1, seperti "Apa produk yang Anda beli selama 6 bulan terakhir?" maka pilihlah jawaban yang sesuai, seperti memilih produk bayi, produk vitamin anak, ataupun sejenisnya. Satu poin penting, Anda jangan terlalu jujur dalam mengerjakan survei jika ingin mendapatkan uang.


Dalam mengerjakan survey jangan terburu-buru, perhatikan waktu minimal pengerjaan surveinya dan juga jangan terlalu lama. Biasanya Anda sudah diberi tahu terlebih dahulu sebelum memasuki survei, tapi ada juga yang tidak diberi tahu. Pahamilah maksud dari pertanyaan survei. Di setiap survey biasanya ada pertanyaan kunci agar bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Ada beberapa pertanyaan survey yang hampir sama atau pertanyaan yang sangat mirip meskipun dengan lembaga survei lainnya. Misalnya "Apakah Anda atau siapa pun dalam rumah tangga Anda bekerja di bidang berikut?"

Jawabannya "Tidak", selalu jawab tidak atau Anda pilih pilihan lain yang kurang lebih sama.

Itu adalah pertanyaan jebakan. Sedangkan jika Anda memilih salah satu dari itu, Anda akan secara otomatis didiskualifikasi. Diantaranya, Anda biasanya akan menemukan jenis pekerjaan seperti "peneliti pasar" atau "perusahaan iklan". Jika Anda memilih salah satu pilihan tersebut, pensurvey menganggap Anda untuk menjadi resiko bagi perusahaan/lembaga mereka. Mereka tidak ingin pengiklan atau peneliti lain mempelajari survei mereka seperti mempelajari bisnis mereka, sengaja mengubah/mengintervensi jalannya survey, atau hanya mengambil keuntungan dari survey yang dilakukan. Dengan kata lain Anda akan dianggap sebagai suatu ancaman.

Pertanyaan lain di daftar ini biasanya berhubungan dengan jenis survei yang Anda ikuti. Sebagai contoh, jika sebuah survei makanan anjing, mereka ingin memastikan bahwa Anda tidak bekerja untuk sebuah toko makanan hewan peliharaan, klinik dokter hewan, atau tempat lain yang erat kaitannya dengan makanan anjing.

Jika Anda ingin menghasilkan uang dengan mengisi survei online, Anda harus selalu menjadi pembelanja UTAMA. Pertanyaannya seperti "Apakah Anda pembelanja utama dalam rumah tangga?". Jawab YA, Saya yang menentukan keputusan terakhir dalam melakukan pembelian. Ataupun dengan jawaban sejenis.

Jika Anda ditanya perihal belanja (bahan makanan, popok, ban mobil baru) maka jawaban Anda harus ya, ya, selalu ya. Mereka menghabiskan banyak uang melakukan penelitian untuk mengetahui apa-apa saja yang terbaik bagi bisnis mereka. Mereka tidak akan membuang-buang waktu dan uang mereka untuk mewawancarai seseorang yang bahkan tidak  berbelanja dalam kategori produk mereka.

"Manakah dari produk ini (atau merek) yang Anda pertimbangkan untuk pembelian?" Dalam hal ini Anda harus jeli, karena Anda tidak pernah tahu siapa yang mensponsori survei Anda. Ini adalah poin yang lumayan sulit dimana Anda harus menebak berdasarkan feeling Anda.

"Untuk pembelian mobil, apakah Anda membeli mobil baru atau bekas?". Mereka tidak ingin tahu tentang itu. Tapi yang ingin mereka ketahui adalah apakah Anda akan membeli mobil untuk beberapa waktu ke depan. Bisa jadi pensponsor surveynya adalah perusahaan penjualan mobil. Mereka ingin mendapatkan keuntungan lebih dengan memastikan Anda akan membeli merek/produk mereka setelah survey ini berakhir.

TIPS untuk memulai survei online berbayar:

Isi dan perbarui profil Anda.

Survei biasanya dirancang khusus untuk Pemilik Usaha Kecil dan Teknisi IT . Dalam pengamatan saya, Anda akan mendapatkan undangan lebih banyak jika pekerjaan Anda adalah Pemilik usaha kecil dan teknisi IT. Mengapa? Karena lembaga survey ingin membujuk Anda untuk memilih produk/layanan mereka sehingga Anda bisa memperbesar usaha bisnis Anda. Untuk IT, saya tidak tahu mengapa, tapi setelah saya mengganti pekerjaan ke IT saya mendapatkan lebih banyak undangan survey. Untuk penghasilan, pilih yang ada kata 'lebih' nya. Misalnya, "Berapa pendapatan bulanan Anda?" Pilih "Rp. 40,000,000" atau lebih. Itu juga bisa meningkatkan jumlah undangan survey Anda kedepannya.

Jangan benci pada produk dan merek.

Perhatikan Anda diarahkan ke produk jenis dan merek apa. Dalam hal ini feeling yang pas ditentukan untuk sukses atau tidaknya melanjutkan survey sampai selesai.

Terima Kasih dan Salam Sukses


EmoticonEmoticon